Senin, 11 September 2023

Sosialisasi Bela Negara Bagi Masyarakat Pesisir Pantai Program Nasional Bhakti Papua Lantamal XIV TA.2023




TNI AL, Sorong. Pangkalan Utama TNI AL XIV (Lantamal XIV) Sorong melaksanakan Sosialisasi bela negara. Acara tersebut dipimpin oleh Aspotmar Danlantamal XIV Kolonel Laut (P) Jimmy Romelus Pelupessy,M.Tr.Hanla., kepada Masyarakat pesisir. Kegiatan ini merupakan salah satu program Nasional Bhakti Papua yang dilaksanakan oleh Lantamal XIV,  bertempat di Pulau Soop, Distrik Sorong Kepulauan, Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya.


Aspotmar Danlantamal XIV mengatakan bahwasanya bela negara itu merupakan sikap, tekad, dan Tindakan warga negara yang teratur, terpadu, menyeluruh, dan berlanjut yang dilandasi oleh kecintaan terhadap tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara serta keyakinan akan kesaktian Pancasila sebagai Ideologi negara.


Bela negara itu sendiri terbagi menjadi 2 cara. Pertama secara fisik dan yang kedua non fisik. Pelaksanaan fisik itu sendiri dilakukan oleh rakyat terlatih yang terdiri dari unsur misalnya dari resimen mahasiswa, pertahanan sipil, mitra babinsa, dan unsur bela negara lainnya. Sedangkan secara non fisik ialah dengan cara mencintai produk produk dalam negeri mempelajari dan melestarikan budaya bangsa, tidak mencemari nama baik negara dan tidak terpengaruh budaya asing.


Dengan Sosialisasi ini diharapkan Masyarakat Pesisir di Pulau Soop dalam ikut ambil bagian dalam partisipasi Bela Negara sesuai porsi & tanggung jawab Masyarakat di Pulau tersebut. Setelah selesai Sosialisasi bela negara kegiatan ditutup dengan penyerahan bantuan secara simbolis  kepada Masyarakat pesisir Pantai Pulau Soop.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Wujud Tegakkan Hukum Di Laut, Lantamal XIV Gagalkan Penyeludupan Kendaraan Ilegal Di Provinsi Papua Barat

TNI AL, Sorong - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lanal) Fak-fak telah menggagalkan percobaan penyelundupan kendaraan bermotor ilegal di P...