Senin, 27 Maret 2023

Pangkalan TNI AL Kaimana Resmi Dioperasikan





Sorong TNI AL. Dalam membantu pemerintah untuk memajukan Papua, TNI Angkatan Laut terus menambah pangkalannya di setiap provinsi yang ada di wilayah Papua tak terkecuali di Provinsi Papua Barat. Hari ini telah diresmikan Pangkalan TNI Angkatan Laut kelas D Kaimana, yang semula berstatus Pos Angkatan Laut atau Posal.


Kaimana adalah salah satu kabupaten di provinsi Papua Barat, terletak di distrik Kaimana. Dengan luas lautan atau perairan yang cukup luas, kurang lebih 17.500 km2. Untuk mendukung satuan tugas operasional maka keberadaan Pangkalan TNI Angkatan Laut di Kabupaten Kaimana sangatlah diperlukan. Pangkalan TNI AL Kaimana berada dibawah kendali Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XIV Sorong.

Upacara peresmian Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kaimana dilaksanakan di halaman markas komando pangkalan TNI Angkatan Laut Kaimana yang dipimpin oleh Panglima Komando Armada III Laksamana Muda TNI Agus Hariadi, M.Han. Senin (27/03/2023).

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pembukaan selubung papan nama markas komando pangkalan TNI Angkatan Laut Kaimana serta pengguntingan pita oleh Panglima Komando Armada III Laksamana Muda TNI Agus Hariadi, M.Han.

Sebelum peresmian operasional Lanal Kaimana terlebih dahulu dilaksanakan upacara pengukuhan Komandan Lanal Kaimana Mayor Marinir Sailenius Amelion Wihyawari oleh Panglima Komando Armada III Laksamana Muda TNI Agus Hariadi, M.Han. Pelaksanaan Pengukuhan diawali dengan Pengambilan Sumpah Danlanal Kaimana, pemasangan atribut Komandan dilanjutkan dengan Pembukaan selubung Dhuaja dan diakhiri dengan laporan resmi Komandan Lanal Kaimana.

Setelah upacara pengukuhan selesai, Panglima Komando Armada III beserta pejabat forkompinda Kabupaten Kaimana berkenan meninjau gedung Markas Komando Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kaimana.

Bersamaan dengan kegiatan tersebut telah dilaksanakan juga Bakti Sosial dan pengobatan gratis untuk masyarat Kaimana bertempat di komplek Mako Lanal kaimana.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Wujud Tegakkan Hukum Di Laut, Lantamal XIV Gagalkan Penyeludupan Kendaraan Ilegal Di Provinsi Papua Barat

TNI AL, Sorong - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lanal) Fak-fak telah menggagalkan percobaan penyelundupan kendaraan bermotor ilegal di P...