Senin, 15 Mei 2023

Prajurit Lantamal XIV Ikuti Uji Glagaspur

 

 


 

TNI AL Sorong. Prajurit Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XIV Sorong yang dipimpin Komandan Lantamal XIV Laksma TNI Deny Prasetyo selaku Papelat melaksanakan Uji Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) pangkalan tingkat P1-P2 dan L1-L2 oleh Tim Uji dari Komando Latihan (Kolat) Koarmada III yang dipimpin oleh Dankolat Armada III Kolonel Laut (P) Yosafat Indarto, S.T. di Mako Lantamal XIV Sorong, Senin (15/05/2023).

Kegiatan Uji Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) pangkalan tingkat P1-P2 dan L1-L2 diawali dengan acara pembukaan oleh Wadan Lantamal XIV Sorong Kolonel Marinir Muhammad Reza Suud, S.E., M.M. mewakili Komandan Lantamal XIV Laksma TNI Deny Prasetyo di Ruang Rapat Mako Lantamal XIV Sorong.

Dalam sambutannya Wadan Lantamal XIV Sorong Kolonel Marinir Muhammad Reza Suud, S.E., M.M.mengucapkan selamat datang kepada Tim Kolat Koarmada III yang sudah berkenan hadir di Mako Lantamal XIV Sorong. "Saya berharap semoga Lantamal XIV dapat melaksanakan latihan sesuai rencana kegiatan yang telah ditetapkan, memahami tugas dan tanggungjawab sesuai dengan buku peran tempur masing-masing serta menjaga kondisi kesiapan personel dan peralatannya secara optimal", tegasnya.

Dankolat Armada III Kolonel Laut (P) Yosafat Indarto, S.T. menyampaikan penyelenggaraan Uji Terampil Glagaspur Pangkalan tingkat P1 dan P2 ini merupakan salah satu fungsi komando yang harus dilaksanakan untuk menentukan tingkat kesiapan Prajurit Lantamal XIV baik perorangan maupun kelompok dalam menggunakan peralatan dan persenjataan masing-masing bagian maupun beregu guna mengukur tingkat kesiapsiagaan, profesi serta kesiapan operasional satuan khususnya Pangkalan TNI AL.

Sementara itu kegiatan Glagaspur tingkat Pangkalan P1 P2 ini meliputi Penaikan Bendera, Peraturan Militer Dasar (Permildas), Peraturan Dinas Dalam (PDD Khas), Persemayaman dan pemakaman Jezah, Bongkar pasang senjata, Penanggulangan Huru-Hara (PHH), Pertahanan Pangkalan (Hanlan), Semaphore, Penanggulangan Kebakaran (PEK), Evakuasi Medis, Menembak, Uji Tulis, PBB, tali temali, PPM, SAR, Renang Laut sedangkan untuk L1 L2 terkait unsur Patroli Keamanan Laut (Patkamla).

Sebelum pelaksanaan latihan para prajurit telah di drill oleh Mayor Marinir Mustafa Bugis Pasi Ops Yonmarhanlan XIV

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Wujud Tegakkan Hukum Di Laut, Lantamal XIV Gagalkan Penyeludupan Kendaraan Ilegal Di Provinsi Papua Barat

TNI AL, Sorong - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lanal) Fak-fak telah menggagalkan percobaan penyelundupan kendaraan bermotor ilegal di P...